Selasa, 30 Maret 2010

piala indonesia disiarne RCTI


PT Liga Indonesia memilih stasiun televisi RCTI sebagai pihak yang akan menyiarkan turnamen Piala Indonesia 2010. Dalam turnamen yang pada musim lalu bernama Copa Indonesia itu, RCTI memperoleh hak siar untuk menyiarkan secara langsung setengah dari 80 pertandingan yang akan digelar.

“Kerja sama dengan RCTI akan berlangsung selama tiga tahun. Mereka akan menyiarkan 40 pertandingan dari total 80 pertandingan. Khusus babak semifinal dan final, siaran akan dilakukan saat prime time,” kata Direktur Eksekutif PT Liga, Joko Driyono, Kamis (25/3) Harsiwi Achmad, Direktur Program dan Produksi RCTI, menyatakan pihaknya menyambut baik terpilihnya RCTI sebagai pemegang hak siar Piala Indonesia. Keputusan ini, menurut Harisiwi, menunjukkan bahwa RCTI punya komitmen terhadap persepakbolaan nasional. “Kami juga ingin menggarap sepak bola lokal dan tentunya mengemas dan menyajikan yang terbaik,” katanya.

Turnamen Piala Indonesia 2010 akan mulai 15 April hingga 1 Agustus. Turnamen ini akan diikuti 32 klub dari tiga divisi. Masing-masing 18 klub Liga Super, 12 klub Divisi Utama, dua klub Divisi Satu. Piala Indonesia menggunakan format baru yakni menggunakan sistem grup dengan format home tournament. Format ini mulai berlaku sejak babak 32 besar hingga babak 8 besar. Ada pun babak semifinal dan final menggunakan sistem gugur.

Tuan rumah babak 32 besar akan dilaksanakan di delapan kota yaitu Palembang, Lamongan, Karawangan, Kediri bersama Blitar, Malang, Surabaya, Samarinda, dan Jayapura. Partai final rencananya akan dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan. Pemenang Piala Indonesia akan mendapatkan jatah ke play off Liga Champions Asia.

Format kompetisi ini cukup berbeda dengan musim lalu yang tidak menggunakan sistem home tournament. Menurut PT Liga, format baru ini akan membuat kompetisi berjalan seru. “Modifikasi dan format baru Piala Indonesia merupakan solusi terbaik yang dilakukan Liga dengan tetap mengedepankan kualitas pelaksanaan turnamen,” ujar Joko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar